Services


PENILAIAN

Jasa penilaian ( valuation ) secara  umum  memberikan jasa dalam menentukan nilai dari suatu aset, baik aset berwujud maupun gabungan tak berwujud. Dalam pekerjaan penilaian, para partner dan tenaga ahli memiliki keahlian dan telah berpengalaman dalam  melaksanakan pekerjaan penilaian, meliputi:

  • Penilaian tanah dan bangunan.
  • Penilaian mesin dan peralatan (Plant & machinery).
  • Penilaian perkebunan.
  • Penilaian pertambangan dan penilaian aset lainnya.

Penilaian ini dilakukan dengan berbagai macam tujuan seperti agunan, penyusunan laporan keuangan, debt bad/non  performing loan, investasi, hipotik, sewa menyewa, pengembangan usaha, investasi, penyelesaian perselisihan serta jual beli dan lain-lain.


RISET PASAR

layanan ini mencakup survey pasar untuk mengidentifikasi trend pasar untuk segala jenis properti, analisa permintaan dan pasokan, analisa harga, analisa sewa, proyeksi yield, analisa performa per sektor properti, untuk tujuan investasi, analisa portfolio properti untuk identifikasi aset yang idle dan memaksimalkan pendapatan dari kepemilikan properti.


PROPERTY DEVELOPMENT CONSULTANCY :

Dengan pengalaman yang dimiliki oleh para tenaga ahlinya sebagai konsultan pengembangan di Indonesia, jasa yang ditawarkan adalah sebagai berikut:

  1. Studi Kelayakan (Feasibility Study)
    Suatu jasa layanan yang memberikan rekomendasi yang profesional di dalam suatu rencana pengembangan yang mencakup analisa lahan, analisa makro  ekonomi, analisa hukum, analisa sosial  dan  lingkungan, analisa teknis, analisa pasar dan analisa keuangan.
  1. Highest & Best Use Study
    Suatu studi yang akan memberikan solusi yang terbaik dan paling menguntungkan dari  berbagai  alternatif rencana  pengembangan  pada suatu lahan yang mencakup analisa lahan, analisa makro ekonomi, analisa hukum, analisa sosial dan lingkungan, analisa teknis, analisa pasar dan analisa keuangan.
  1. Financial Advisory
    Suatu jasa layanan yang memberikan saran yang berkaitan dengan permasalahan keuangan suatu usaha. Jasa  yang terintegrasi ini dapat dibagi ke dalam 3 fase, yaitu;

    1. Fase I: Due Diligence
      Melakukan due diligence atau penelitian yang mendalam terhadap suatu usaha yang mencakup review atas laporan keuangan termasuk review atas pemanfaatan dana Review atas neraca keuangan perusahaan termasuk hal-hal penting yang berkaitan dengan aset, liabilitas dan sumber pendapatan.
    2. Fase II: Restrukturisasi Hutang
      Melakukan evaluasi bisnis dan analisa kemampuan dan komitmen perusahaan di dalam mengambalikan hutangnya, melakukan review dan test terhadap proyeksi keuangan, melakukan investigasi dan pelaporan strategi yang tepat bagi kreditur dalam upaya memaksimalkan penyelamatan kredit.
    3. Fase III: Kontrol dan Pengawasan
      Melakukan pengawasan dari implementasi restrukturisasi yang telah disepakati oleh kedua pihak. Memastikan bahwa uang yang didepositokan dan dicairkan digunakan sesuai dengan rencana. Memberikan laporan rutin sesuai dengan yang diinginkan oleh kreditur.
  1. Pengawasan Proyek
    Merupakan jasa layanan dalam melakukan pengawasan proyek mencakup pengawasan pinjaman (loan monitoring) dan pengawasan  teknis (engineering supervisor).

PENILAIAN USAHA (Business Valuation)

Penilaian Usaha yaitu suatu proses kegiatan untuk mengungkapkan suatu pendapat tentang nilai pasar dari suatu perusahaan atau nilai pasar dari penyertaan modal (saham) dalam suatu perusahaan.

Metode-metode yang dipergunakan dalam penilaian usaha (business valuation) adalah :

  • Metode Penyesuaian Neraca (Adjusted Book Value).
  • Metode Laba dan Arus Kas.
  • Metode Perbandingan Transaksi Penjualan.

Apabila memungkinkan dapat menggunakan lebih dari satu metode di atas dan hasil akhir merupakan rekonsiliasi dari metode-metode yang digunakan.

Penilaian Bisnis mencakup kegiatan penilaian, proses memperoleh pendapatan, dan perkiraan nilai suatu bisnis, perusahaan/entitas usaha, atau kepemilikan usaha meliputi :

  • Penilaian entitas bisnis.
  • Penilaian penyertaan atau kepemilikan usaha.
  • Penilaian surat berharga dan derivatifnya.
  • Penilaian hak dan kewajiban perusahaan.
  • Penilaian aktiva tidak berwujud.
  • Penilaian kerugian ekonomis yang diakibatkan suatu kegiatan atau peristiwa tertentu atau atas transaksi material.

IKHTISAR PENDAPAT (Fairness Opinion)

Fairness Opinion dibuat untuk melindungi pemegang saham minoritas cq investor publik atas kerugian yang mungkin timbul dari suatu transaksi (corporate transactions) yang didominasi oleh pemegang saham mayoritas, Bapepam telah menetapkan Peraturan Nomor IX.E.1 dan IX.E.2 tentang transaksi benturan kepentingan serta transaksi material dan perubahan kegiatan usaha. Salah satu syarat pokok dari IX.E.1 dan IX.E.2 adalah keharusan menunjuk pihak independen untuk memberikan pendapat atas kelayakan/kewajaran transaksi tersebut – biasa disebut dengan pendapat kewajaran atau “fairness opinion”.

Fairness opinion, biasa disajikan dalam bentuk surat, disiapkan oleh valuer, yang memberikan pendapat  atau menyatakan, apakah suatu transaksi dari sudut pandang keuangan adalah wajar atau tidak bagi pemegang saham atau bagi pemegang saham minoritas. Fairness opinion biasa ditujukan kepada Direksi Perusahaan dengan tujuan :

  • Untuk memberikan informasi dan membantu Direksi dalam mengambil keputusan atas transaksi yang akan dilakukan.
  • Untuk berfungsi sebagai bukti bahwa Manajemen telah mengambil keputusan atas dasar pertimbangan bisnis yang rasional dan benar (good corporate governance).

Fairness Opinion sering kali digunakan dalam kegiatan bisnis untuk situasi sebagai berikut :

  • Dalam hal transaksi yang dilakukan antara perusahaan dengan pihak terkait (related parties; subsidiaries, affiliated, insiders).
  • Dalam hal penjualan atau divestasi atau spin-off dari asset material atau unit usaha strategis (SBU, strategic business unit).
  • Untuk penggabungan dan atau akuisisi strategis.
  • Untuk ekspansi usaha serta.
  • Untuk pembelian kembali (buy backs) dari sekuritas yang telah dikeluarkan, dan lain-lain.

Fairness opinion yang disediakan oleh valuer yang kompeten akan mampu membantu Manajemen dalam memberikan telaah yang obyektif atas keputusan-keputusan yang menyangkut transaksi perusahaan yang bersifat strategis.